KONFIGURASI PERANGKAT KERAS JARINGAN

Posted: Oktober 28, 2010 in Uncategorized

Konfigurasi Perangkat Keras Jaringan

Setelah menentukan bahwa Anda hendak membawa mesin Slackware Anda pada sebuah jaringan, hal pertama yang Anda perlukan adalah kartu jaringan yang kompatibel dengan Linux. Anda perlu memastikan bahwa kartu tersebut kompatibel dengan Linux (harap melihat Proyek Dokumentasi Linux dan/atau dokumentasi kernel untuk informasi terbaru tentang status dari kartu jaringan yang Anda usulkan). Sebagai aturan umum, Anda akan cukup terkejut dengan banyaknya kartu jaringan yang didukung pada sebagian besar kernel modern. Meski demikian, saya menganjurkan untuk melihat pada beberapa daftar kompatibilitas perangkat keras untuk Linux (seperti Daftar Kompatibilitas Perangkat Lunak Grup Pemula Linux dan HOWTO dari Proyek Dokumentasi Perangkat Keras Linux) yang tersedia pada Internet sebelum membeli kartu Anda. Waktu tambahan yang dikeluarkan untuk melakukan penelitian dapat menyimpan beberapa hari atau bahkan minggu untuk mencoba memecahkan masalah mengapa sebuah kartu tidak kompatibel dengan Linux sama sekali.

Ketika Anda mengunjungi daftar Kompatibilitas Perangkat Keras Linux yang tersedia di Internet, atau ketika Anda merujuk pada dokumentasi kernel yang terinstall pada kernel Anda, akan sangat bijaksana untuk mencatat modul kernel apa yang akan Anda gunakan untuk mendukung kartu jaringan Anda.

Memuat Modul Jaringan

Modul kernel yang akan dimuat pada saat boot-up dimuat dari berkas rc.modules pada /etc/rc.d atau dari fitur pemuatan modul kernel secara otomatis yang dijalankan oleh /etc/rc.d/rc.hotplug. Berkas default rc.modules menyertakan bagian dukungan perangkat Jaringan. Jika Anda membuka rc.modules dan mencari pada bagian itu, Anda akan menyadari bahwa ia akan menguji untuk sebuah berkas rc.netdevice yang dapat dieksekusi pada /etc/rc.d/. Script ini dibuat jika setup berhasil mendeteksi kartu jaringan Anda pada saat installasi.

Dibawah blok “if” adalah sebuah daftar kartu jaringan dan baris modprobe, yang diberi komentar. Temukan perangkat Anda dan hapus komentar pada baris modprobe yang berhubungan, lalu simpan berkas. Menjalankan rc.modules sebagai root akan memuat driver perangkat jaringan Anda (juga beberapa modul yang terdaftar dan tidak diberi komentar). Perhatikan bahwa beberapa modul (seperti driver ne2000) membutuhkan parameter; pastikan Anda memilih baris yang benar.

Kartu Jaringan (10/100/1000Base-T dan Base-2)

Bagian ini membahas semua kartu jaringan internal PCI dan ISA. Driver untuk kartu-kartu ini disediakan melalui modul kernel yang dapat dimuat seperti yang dibahas pada paragraf sebelumnya. /sbin/netconfig seharusnya telah mendeteksi kartu Anda dan membuat berkas rc.netdevice. Jika hal ini tidak terjadi, maka masalah yang paling masuk akal adalah modul yang Anda coba untuk muat untuk kartu tersebut salah. (sangatlah mungkin bahwa generasi yang berbeda dari merek yang sama membutuhkan modul yang berbeda). Jika Anda yakin bahwa modul yang Anda coba untuk muat adalah modul yang benar, maka Anda harus mencoba melihat dokumentasi untuk modul tersebut dalam percobaan untuk menentukan apakah parameter tertentu dibutuhkan selama modul tersebut di-inisialisasi.

Modem

Seperti kartu LAN, modem dapat hadir dengan berbagai opsi dukungan bus. Hingga saat ini, sebagian besar modem adalah kartu ISA 8 atau 16 bit. Dengan usaha dari Intel dan pembuat motherboard untuk menghapus bus ISA sepenuhnya, sangatlah umum untuk menemukan bahwa sebagian besar modem adalah modem eksternal yang terhubung melalui port serial atau USB atau merupakan modem internal PCI. Jika Anda ingin modem Anda bekerja dengan Linux, sangatlah VITAL untuk meneliti pembelian modem Anda, terutama jika Anda mempertimbangkan untuk membeli modem PCI. Banyak, jika tidak semua, modem PCI yang tersedia pada rak-rak toko adalah WinModems. WinModems tidak memiliki perangkat keras dasar pada kartu modemnya sendiri: fungsi yang dilakukan oleh perangkat keras ini dibebankan pada CPU oleh driver modem dan sistem operasi Windows. Ini berarti mereka tidak memiliki antarmuka serial standar yang diharapkan oleh PPPD ketika Anda mencoba untuk menelponke Penyedia Layanan Internet Anda (ISP).

Jika Anda ingin yakin bahwa modem yang Anda beli akan bekerja dengan Linux, belilah modem perangkat keras eksternal yang terhubung pada port serial pada PC Anda. Modem ini akan dijamin untuk bekerja lebih baik dan lebih sedikit masalah untuk proses installasi dan pengelolaan, meskipun mereka membutuhkan tenaga eksternal dan cenderung menghabiskan biaya lebih besar.

Terdapat beberapa halaman web yang menyediakan driver dan panduan untuk mengkonfigurasi perangkat berbasis WinModem. Beberapa pengguna telah melaporkan kesuksesan dalam mengkonfigurasi dan menginstall driver untuk berbagai variasi winmodems, termasuk Lucent, Conexant, dan Rockwell chipset. Karena perangkat lunak yang diperlukan untuk perangkat ini tidak disertakan pada Slackware, dan sangatlah berbeda untuk setiap driver, kami tidak akan membahasnya lebih dalam.

PCMCIA

Sebagai bagian dari installasi Slackware Anda, Anda diberikan kesempatan untuk menginstall paket pcmcia (pada seri “A”). Paket ini berisi aplikasi dan berkas setup yang diperlukan untuk bekerja dengan kartu PCMCIA pada Slackware. Sangatlah penting untuk diingat bahwa paket pcmcia hanya menginstall perangkat lunak generik yang diperlukan untuk bekerja dengan kartu PCMCIA pada Slackware. Paket ini TIDAK menginstall sembarang driver atau modul. Modul dan driver yang tersedia akan berada pada direktori /lib/modules/`uname -r`/pcmcia. Anda mungkin perlu melakukan beberapa percobaan untuk menemukan modul yang akan bekerja dengan kartu jaringan Anda.

Anda perlu mengedit /etc/pcmcia/network.opts (untuk kartu Ethernet) atau /etc/pcmcia/wireless.opts (jika Anda memiliki kartu jaringan nirkabel). Seperti kebanyakan berkas konfigurasi Slackware, kedua berkas ini sangat berisi banyak komentar dan akan sangat mudah untuk menentukan modifikasi apa yang diperlukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s